Thursday, January 1, 2009

Biar Ngerti Kalau Lagi Diomongin.....

Salah satu fenomena yang cukup ramai dibicarakan di Amerika Serikat sini adalah semakin banyaknya imigran (baik legal maupun ilegal) dari Amerika Selatan yang disebut bangsa Hispanic masuk dan tinggal di negara ini untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Walaupun banyak kontroversi dan banyak yang tidak menyukai kehadiran bangsa hispanic ini karena dianggap mencuri pekerjaan2 yang seharusnya untuk bangsa Amerika yang legal..kehadiran orang2 hispanic ini terlihat dengan sangat jelas makin merajalela.

Aku yang juga sebagai pendatang disini sih tidak keberatan akan keberadaan mereka karena dengan kehadiran mereka di sini sebenarnya malah membantu perekonomian negara ini kok. Orang2 Hispanic ini pekerja keras yang mau dan rela mengerjakan pekerjaan2 yang tidak mau dilakukan oleh warga Amerika lainnya dan biasanya upah mereka juga sangat rendah, jadi banyak para pemilik usaha disini lebih suka mempekerjakan mereka.

Fenomena lain yang mengiringi keberadaan bangsa Hispanic di negeri ini adalah semakin banyaknya dipergunakan bahasa Spanish di dalam kehidupan sehari2. Contohnya banyak produk2 makanan dan toiletries yang sekarang menggunakan bahasa Spanish selain Inggris di kemasan2 produknya. Bahkan di salah satu kota di dekat Hackettstown sini yang sebagian besar penduduknya orang Spanish, banyak toko2 yang tidak mempergunakan bahasa Inggris dalam menjalankan bisnis mereka, jadi kalau pergi kesana kami hanya mempergunakan bahasa tarzan saja.

Lalu kenapa sih kok aku ngomongin orang Hispanic dan Bahasa Spanish??....

Menurut aku sih...kedatangan bangsa Hispanic yang tidak bisa lagi dihalangi ini lebih baik disambut saja, karena mereka juga kan punya hak untuk hidup di negara yang isinya imigran semua ini. lagipula kedatangan mereka justru membantu jalannya ekonomi negara ini kok. Nah sehubungan dengan itu aku ingin belajar Bahasa Spanish. Aku ingin ngerti juga apa yang mereka bicarakan, aku ingin bisa berkomunikasi dengan mereka juga, dan yang paling penting kalau lagi meni-pedi aku bisa ngerti apa yang mereka omongin tentang jari2 kakiku ..hehehe..

Untuk sementara ini aku mau belajar Bahasa Spanish gratisan dulu..banyak website2 yang menawarkan pelajaran gratis. Dan sepertinya grammar dan prengucapan kata2 dalam bahasa Spanish nggak terlalu jauh beda dengan bahasa Indonesia lho. Jadi sebagai langkah awal aku mau mengumpulkan minimal 1000 kata bahasa Spanish..mengenal dan menghafalkannya dulu...kalau bisa menggunakannya sedikit2 dengan orang2 Hispanic yang kutemui disini..

Berikut ini adalah daftar kata2 dalam Bahasa Spanish..(aku akan tambahkan sedikit demi sedikit kalau bisa setiap hari)...teman2 yang mau ikut belajar silahkan...yang mau nambahin kata2 vocab juga boleh...Terima kasih sekali sebelumnya...

Yuk Kita belajar!!

Jan 1 2009
El baño (Bathroom)
la bañera :bathtub
el excusado :toilet
el lavamanos :sink
el botiquín :medicine cabinet
el jabón :soap
la toalla :towel
el cortinero :curtain rod
el gorro de baño :shower cap
la ducha :shower
la jabonera :soap dish
la esponja :sponge
el champú :shampoo
el desagüe :drain


1 comment:

Anonymous said...

so far..., bagaimana kemajuan Spanish nya, bu? Jadi resolusi thn baru ini? hehehe...