Friday, September 12, 2008

Kalo Kena Tilang dan Perpanjang SIM di Jakarta...

Habis baca postingnya Lia waktu dia kena tilang di depan Gadjah Mada Plaza Jakarta,aku jadi seneng karena ternyata sekarang Polri kita terutama Polisi lalu lintas..makin berusaha memperbaiki diri untuk mengubah imagenya (yang dulu buruk sekali)...jadi ceritanya Lia waktu dia kena tilang karena melanggar peraturan 3 in 1 di daerah jln Gadjah Mada ...dia ditawari Pak Polisinya untuk menitipkan uang sidang(tilang)nya lewat pak polisi itu...karena Lia keukeuh mau patuh peraturan, dia nolak dan mau dateng ke sidang aja.

Tapi ternyata dari informasi kakaknya Lia yang pejabat di Polri juga...sekarang memang udah ada mekanisme baru yang tujuannya justru untuk meringankan masyarakat...jadi kalo kita kena tilang...kita bisa menitipkan uang sidangnya lewat pak polisi yang menilang kita sehingga kita tidak usah repot2 datang ke sidang lagi...dan surat tilangnya itu sebagai tanda terimanya. Waahh lumayan kan...bener2 menghemat waktu dan tenaga!!!

Terus Lia juga kasih tambahan informasi tentang mekanisme Perpanjangan SIM di Jakarta. Ssemua yang pernah memperpanjang SIM di Jakarta jaman thn 80an 90an pasti tau deh gimana prosesnya..pokoknya buat aku dulu itu musti mempersiapkan mental lahir dan batin deh buat memperpanjang sim.

Nah dari informasi kakaknya Lia itu (yang pasti bisa di percaya!) begini infonya...(aku kutip dari replynya Lia ke commentku)...

Sebenernya sekarang perpanjangan SIM juga kalo jakarta gampang mbak..nggak harus ke Daan Mogot.. ada mobil SIM keliling.. untuk schedule dimana mereka "mangkal" bisa telpon ke - HOTLINE: 021-70883322 / 0817-823.067 .. beberapa wilayah kayak jakarta selatan malah bisa ngurus di polsek masing2x (sesuai KTP) nya ..

ini info dari kakakku .. polisi nihh jadi bisa dipercaya whahahahah pesennya , SUPAYA CEPAT & BENAR:

- Siapkan 1 pulpen, 1 lbr foto kopi KTP, SIM ASLI. Langsung diberikan ke petugas yg selalu berdiri di pintu masuk bis tersebut

-Setelah itu menunggu sekitar 1 jam (tergantung banyaknya orang yg menunggu) utk dipanggil masuk ke bis utk tanda tangan, dapet formulir & bayar,

-Sarannya jgn berdiri terlalu jauh dari pintu bis krn panggilannya tdk menggunakan toa

-Kemudian keluar dari bis utk isi formulir tsb. Segeralah kembali menyerahkan formulir itu kepada petugas tsb (Ingat, yg harus di isi di dalam form tsb ada dua halaman bolak-balik).

-Setelah formulir dikembalikan, anda langsung masuk ke dlm bis yg adem krn pake AC split + TV, menunggu di foto & di ambil sidik jari.

-Sudah beres dech.... langsung dapet SIM + kartu asuransi.

- Jam kerja 08:00 - 15:00, diharapkan jam 07:30 sdh ditempat supaya cepat selesai. Semakin siang semakin ramai apalagi pas jam makan siang.

- Pakaian rapi berkerah & pake sepatu. Bawa minuman supaya tdk kehausan waktu menunggu panggilan utk diberikan formulir.

- Biaya sekitar Rp 85,000.- all in.

O iya ini cuma kalo perpanjang SIM ya, kalo ilang tetep musti ke Daan Mogot , tapi di sana juga cepet kok karna udah gak boleh pake Calo, dan banyak POLISI pakaina preman yang ngawasin polisi yang bertugas biar gak minta sogokan (kayaknya orang internal affairs gitu..)

Begitu teman-teman...semoga bermanfaat deh buat teman2 yang di Jakarta!!

Terima kasih buat Lia!

1 comment:

Anonymous said...

Xtna,
di Semarang juga lho sekarang kayak gitu...
Malah bayar pajak mobil, perpanjang STNK, bayar listrik, bisa ditemukan dimana2..dari mulai yang mobil-an sampe di mall. Online real time juga. jadi mau bayar di lokasi mana aja ok. Lumayan kok....ada perbaikan untyuk urusan nagih duit kita, tapi urusan "ngasih duit/hak" buat public(karyawan2 kecil2an yang guru, PNS,tukang sapu, dll masih belom beres2) hehe....